Monday, April 15, 2024

Survive in Ende

September 2022,

kenapa ke Ende? pertama karena jiwa nasionalis saya tinggi *sungguh*,makanya saya mau ke sana dengan tujuan pengen melihat tempat kelahiran Bung karno di sana, kedua karena saya pengen liat danau Kelimutu, si danau tiga warna yanga da diuang kertas pecahan berapa gitu.

Oke, mudah2an gw masih ingat tripnya yah,secara ini udah 2 tahun yang lalu.

Perjalanan gw mulai pagi-pagi buta, biasa org gk mau rugi biar full day ngabisin waktu di tempet orang alias gk buang2 waktu. Untuk perjalanan kali ini full via udara semua *gk usah protes, gw udah gk muda lagi, jadi udah gk kuat ngetrip aneh2 lewat rute yang ruwet, jauh dan lama*.

Dari Jakarta Soeta menuju Kupang ke Bandara El-Tari, sampai di sana sekitar 3 jam dan nunggu beberapa jam di bandara sana untuk langsung berangkat lagi ke Ende dengan tujuan bandara Hasan Aroeboesman. Biar saya coba-coba ingat abis dari sini kemana yah :D.
Kayaknya saya jalan kaki keluar dari badnara itu menuju tempat penyewaan motor. Sebenarnya sih ada ojek cuman karena saya gk mau rugi dan takut ketipu dan dengan modal info dari internet dan map bahwa jaraknya gk jauh makanya saya mutusin untuk jalan kaki...

Oke ,gw salah..
Saya tidak mempertimbangkan jarak dan beban tas yang saya bawa serta tuntutan orang tua yang nanya terus kapan nikahnya ..wew... jadi lumayan berkeringat dan capek juga. Nyampe di sana rupanya lokasi itu adalah bengkel motor juga tapi untungnya saya gk salah tempat. Setelah duduk dan ngobrol bentar saya dikasih motor dan kuncinya abis itu langsung cuss ke Kelimutu.

Oke, gk segampang itu... karena ternyata perjalanan ke Kelimutu itu lumayan jauh.. yah sebenarnya masih banyak yang lebih jauh, cuman karena kemampuan saya dalam baca map yang di bawah rata-rata yang bikin itu tambah jauh. Alhasil saya baru hampir 4 jam kalau gk salah baru sampai sana setelah muter-muter. Kenapa saya muter-muter.. rupanya saya salah, saya mikirnya bahwa kaki gunung kelimutu itu di bawahnya ada tempat menginap langsung.. itulah yang saya tuju.. rupanya gk.. alhasil saya muter2 aja terus nyari itu tempet.. padahal itu udah mau sore sedangkan targetnya adalah besok pagi saya baru nanjak ke Kelimutu sambil sunrise.

Akhirnya setelah ngeh.. saya turun lagi ke bawah dan nyari penginapan.. ya sudahlah acak aja akhirnya nemu penginapan. Pas ketemu sama yang punya penginapan katanya dia udah liat saya sepanjang jalan.. mau dia samperin tapi gk jadi... *bagus pak, jangan.. yakinlah saya pasti akan kabur kalau disamperin di tengah jalan gitu*.

Ngobrol-ngobrol sama bapaknya,nanya saya dari mana dan bilang kalau saya dari Tiongkok... eh... Bangka.. Dia cerita bahwa banyak juga yang dari Ende sini yang jad pastor terus tugas di bangka. Saya langsung ngeh..bahwa iya benar di Bangka memang banyak pastor dari Flores dan baru inget juga bahwa Flores adalah penyumbang pastor terbesar di Indonesia setauku. Bapaknya juga ngasih tau rute menuju Kelimutu dan juga bilang nanti abis dari kelimutu coba ke pantai Koka katanya pasirnya putih.. well, dengan experience saya yang sudah melihat banyak pantai, saya agak skeptis sih dengan istilah pasir putih itu bagaimana... :p

Udah, abis itu istirahat sampai besok pagi subuh.

~~

Subuh besoknya saya bangun, gk ada bbibu langsung tancap motor.. Udah kayak maling kan, ngambil motor di parkiran.. walau gw liat ada juga sekelompok orang yang lagi dijemput pakai mobil.. pasti itu ke Kelimutu juga.. gk mungkin dong pagi buta ke pantai... eh mungkin aja sih kalau mau liat sunrise...
Sepertinya satu keluarga yang dijemput itu, jelas bukan orang lokal.. dalam hati saya berkata "lemahhhh, hari gini masih pakai travel.." awokwokwokwok..

Lanjut gas, sebenranya jaraknya tuh gk begitu jauh.. paling 30 menit. tapi yang gw gk habis pikir sampai sekarang tuh gini.. kenapa gw senekat itu. bayangin, gw pagi-pagi jam 4 naik motor sendirian, lewat jalanan yang ngebelah gunung, kiri kanan hutan, walau jalannya aspal bagus yah.. gk ada penerangan dan itu di timur sana.. otaknya ke mana coba... cuma modal lampu motor doang...
Gw gk ngerti lagi antara bodoh atau nekat.

sampai akhirnya di belakang gw ada mobil, awalnya gw takut mana tau begal kan... rupanya akhirnya dia nyalip gw dan di depan.. alhasil mumpung dapat penerangan dan biar gk usah liat map lagi, gw ikutin tuh mobil dengan harapan mereka menuju kelimutu juga..
Rupanya benar, akhirnya sampai ke gerbang masuk Kelimutu. Pas di situ abis bayar tiket, gw beraniin diri sapa mereka dan ngobrol.. Yah biasa lah pertanyaan normal, sendiri? kok berani...?Ntah apa yang di pikiran dia kali yah.. antara ini orang nyalinya gede, bodoh atau nih orang wong fei Hung kali udah siap berantem sama siapa aja..

Akhirnya setelah itu dia bilang ikutin dia aja.. dan gw pun ikuti dia dari belakang supaya jalannya lebih terang.. pakai cahaya lampu mobil dia maksudnya bukan terang cahaya Ilahi.

Gk berapa lama kemudian akhirnya sampai di kaki gunungnya. Sempat ngobrol lagi sama bapak yang tadi, bilang lagi nganterin tamu dari jakarta.. bareng aja katanya... Ya udah.. tapi ditunggu kok lama.. yah gw cabut wakakakakakaka..

~Mendaki
Gk usah mikir jalannya terjal, gk kok.. sebenarnya tuh gunungnya tuh udah didaki pakai motor tadi.. ini tuh summitnya.. jadi gk jauh-jauh amat, jalannya pun yah gitu-gitu aja.

Sampai akhirnya selang 30 menit, sampai juga di puncak dan pas waktu sunrise..
Woghhh.. bagus, dengan latar belakang danau tersebut, warna biru dan hijau yang paling ketara. Jangan mikir bisa terjun ke pinggir danau itu yah, karena sebenarnya itu kawah gunung, jadi sekiran puncak itupun dipagar.. gk boleh lewat karena bahaya.. mana tau jatuh terus jadi hulk kan.
oke, part melownya diskip yah.. itu sesuatu yang tidak bisa diceritakan.. harus dirasakan sendiri kalau di sana, melihat bagaimana indahnya negeri ini dan kenyataan bahwa masih banyak ciptaan Tuhan yang indah di dunia ini...ceileehhh..

Akhirnya setelah beberapa jam di atas dan kepanasan, gw mutusin untuk turun.. walau masih pagi sebenarnya sekitar jam 9-an. Gw turun lewat rute yang sama dan sampai ke kaki gunung lagi. Pas nyampe suasana udah rame di sana, rupanya banyak yang jualan di sana. Akhirnya gw mutusin utk sok-sok an jadi anak ngopi sebentar.. nah ini part yang bikin kesel..

Gw yang datang duluan dan pesen kopi.. terus gk berapa lama kemudian ada segerombolan bule yang datang dan mesen.. ge gk perduli dan tau sendiri saya anti asing wkwkwk.. mana mau saya jadi tamu di negara sendiri.. jadi gk ada tuh acara harus sopan dan sungkan sama bule.. Meraka yang harus ikut aturan kita. Jadi terus pesanan datang, anehnya itu pesanan dicampur dalam 1 nampan sama ibunya.. karena gw mesen duluan, gw langsung ngeh dong dan gw ambil.. eh dia komplain katanya kenapa gw ambil punya dia.. masalahnya itu si ibu juga gk ngomong apa-apa..jadi gk tau juga itu kopi sebenernya punya siapa, bisa jadi memang punya si bule itu yang artinya ibu itu memang lebih prioritasin si bule...
Yah gw bodoh amat, gw ambil aja dan si bule ya udah abis itu.. gw duduk aja kayak org bodoh amat abis itu meraka cabut... Gk usah sok-sok jagoan deh di negara orang..haseekkk..

Abis ngopi gw tancap gas lagi dan gw inget sama pantai Koka yang dibilang si bapak kemarin. ya udah, gw juga udah abis rutenya mau kemana akhirnya gw mutusin buat ke pantai itu. jaraknya gk terlalu jauh. Sampai di sana,pantainya memang putih, airnya tenang dan biru.. Jemurlah kita biar item...

Agak siangan sekitar jam 1an gw balik lagi ke penginapan karena gw harus balik ke Ende lagi hari itu juga. Sampai di penginapan gw beres-beres, gk ketemu lagi sama bapaknya ntah kemana.. maaf pak... jadi saya tinggalin tan[a pamit dan langsung cuss ke Ende.

Sampai Ende gw balik lagi ke bengkel motor tempat rental itu.. dan baiknya karena gw masih mau nginep dia mau nganterin gw ke penginapan.

Malamnya gw jalan sekitaran penginapan, ngeliat taman Bung karno tempat dia merenungi Pancasila.. Walau dari jauh karena udah malam*. Besok paginya gw jalan kaki dari penginapan ke bandara lagi, sempat mampir bentar ke landmark Ende sana tapi y udah... abis itu menuju Kupang dan Jakarta.. Sekiannnn....

Kesan saya, Kelimutu bagus banget, Ende masih banyak tempat yang belum kudatengi tapi yah memang tujuan awalnya memang hanya ke Kelimutu aja.. Part yang agak kurang adalah, saya kurang meng-explore "Soekarnoisme" di sini padahal ini tempat beliau menemukan Pancasila.. makanya kenapa Ende disebut kota pancasila.