Monday, April 15, 2024

Survive in Banda Neira

Juni 2023,

Salah satu trip "mata uang" lagi setelah Kelimutu, kali ini entah kebetulan atau bagaimana gw mutusin untuk trip ke Banda Neira. Ntahlah apa lafalnya, Banda Neira, Naira,Nera atau Nira.
Trip kali gw berangkat dari jakarta menuju Ambon maluku. Sebenernya gw agak ragu berangkat ke sini dikarenakan waktu yang mepet dan makin kesini gw tuh kalau ngetrip udah mulai kurang persiapan, selalu mepet sehingga tidak maksimal persiapannya.. jadi yah asal berangkat modal nekat aja.

Dikarenakan mepet waktu tentu yang jadi masalah adalah rute tercepat sampai ke sana. Setelah browsing akhirnya gw nemu bahwa ternyata ada pesawat menuju ke banda Neira lewat udara. Tapi usut punya usut tiketnya pun beli on the spot. Akhirnya setelah cari-cari instagramnya dan coba wa akhirnya dapat walau tidak ada kepastian apakah dapat atau tidak diakrenakan waktu keberangkatan yang mepet dengan waktu kedatangan pesawat jakarta-Kupangnya.

Akhirnya modal bodoh amat dan nekat, dengan plan B jika gk dapat pesawat itu ya udah jadinya ngetrip di Ambon aja. Sebenrnya ada rute lewat kapal tapi itu musti ke pelabuhan Ambon dulu dan jaraknya lumayan kalau dari bandara. Akhirnya pagi-pagi gw berangkat lah menuju Ambon dari jakarta sampai di badnara Pattimura Ambon.

Nah ini part serunya,
baru turun dari pesawat gw udah nerima whatsapp dari yang admin pesawat SAM Air. Anyway SAM Air ini pesawat perintis kecil yang buka rute dari Ambon ke banda Neira, pesawat semacam Susi Air gitu lah. jadwal penerbangan pun kalau gk salah seminggu 2x aja PP ambon banda. Rupanya gw masih ditunggu sama pesawat itu, gw diminta buru-buru menuju pintu keberangkatan karenapesawat sudah mau berangkat. yah sudah sambil berlari, untungnya gw gk bawa bagasi.. gw minta dia nunggu bentar. Akhirnya setelah lari cukup jauh gw sampai juga ke pintu masuknya. Dari situ gw udh kayak penumpang VIP semua diterabas karena dianter langsung sama orang SAM Airnya.

Sampai di counter gw diminta timbang tas gw termasuk gw sendiri. baru kali itu gw naik pesawat sampai ditimbang berat badan gw. Bener-bener pakai timbangan barang gw disuruh naik ke situ. Abis itu gw buru2 lagi langsung ke landasan, gk ada pengecekan lagi dan gw langsung disuruh naik.
gk usah mikir ada nomor kursi dll.. karena begitu sampai di pesawatnya, itu ukurannya kecil, paling hanya muat 10 orang plus bagasi langsung di belakangnya. jadi bayangin aja angkot nah bedanya itu bisa terbang. Ada kernetnya yang duduk di belakang deket bagasi. Pilot hanya satu bahkan gw bisa liat pilotnya langsung.. ya, bener2 kayak angkot.. tapi bisa terbang. jangan lompat-lompat aja lu, mana tau dia goyang kan wkwkwkwkwk...

Lu bisa denger suara pesawat dengan jelas, dan terbang rendah.. asiknya lu bisa sesantai itu buka jendela dan liat pemandangan indah di bawahnya.. anyway masih dikasih snack loh wkwkwkwk.. Itu salah satu yang paling seru dari trip kali ini, pertama kali gw nyoba pesawat perintis macam itu.

Akhirnya sekitar 30 menit sampai juga di bandara kecil banda Neira. Sampai di sana gw memasrahkan diri gw sama tukang ojek. Biar dia yang ngenterin gw nyari penginapan. Akhirnya gw dianterin sama dia ke penginapan. Awalnya gw agak skeptis karena di bayangan gw tuh Banda Neira itu semcam kota jadi gw bisa jalan2 di sana deket penginapan. tapi ini dianternya ke penginapan yang kok masuk-masuk gang gitu.. hehmm..ragu jadinya..

Akhirnya sampai di penginapan, yang ternyata pada akhirnya gw baru tau itu adalah penginapan yang cukup "beken" di IG karena sering jadi spot foto orang. Sampai di sana gw urus pembayaran.. hehmm.. "mahal" dan di sana gw kenalan sama seseorang yang akhirnya nemenin gw selama di Banda Neira. Rupanya dia datang liburan dari Ambon sama sekeluarga. gw dikenalin sama keluarganya istri,anak dan ponakannya yang sepertinya anak kuliah.. cowok anyway.

Dari situlah gw "ikut: itenerary mereka sekeluarga selama di Banda Neira. Yah walau bukan cuman gw yah..ada orang lain juga yang bukan keluarga yang ikut di situ. Hari itu gw gk kemana-mana hanya di penginapan. Penginapannya bagus loh, pas pinggir laut dan di depannya langsung gunung api banda. baguslah pokoknya.. jadi lu stay d penginapan aja udah cukup sebenernya. Anyway semua penginapan di situ rata2 pinggir laut semua, walau yang paling bagus dan ikonik gw rasa penginapan yang gw datengin itu deh.

Besok paginya agak menuju siang, kita berangkat island hoping. Bayar patungan ... yah apalah yang saya bisa ceritakan selain foto kalau soal island hoping.. cuman bedanya memang ada pulau yang kita datengin tepat posisinya di depan gambar di mata uang itu.. itu yang bagus... sungguh... bagus banget..Part melownya skip yahhhh...

Sampai agak sore kita balik lagi ke penginapan.. malamnya paling gw hanya jalan cari makan di sekitaran penginapan. Suasana malam di sana gk rame, di dekat alunalun ada semacam taman dan gereja tua.. paling anak-anak banyak yang nongkrong di sana sore sampai malam.

Besoknya kita pagi-pagi mau najak ke gunung api Banda. Jujur ini gk ada di agenda gw.. gw sama sekali gk ada plan untuk nnjak. Cuman akrena udah diajak dan ya ayo.. mau apalagi.. akhirnya gw ikut..

Berangkay dari penginapan pakai kapal kecil untuk nyebrang ke kaki gunungnya *awalnya gw sepele karena ngeliat ini bukit deh bukan gunung*.. Tapi ternyata rutenya nanjak abis.. Butuh waktu 3 jam kalau gk salah untuk sampai ke puncak.. Pulangnya pun lebih susah karena justru turunan semua. Dari situ gw sadar bahwa kaki gw tidak sekuat yang gw bayangin karena kaki gw gemeteran sampai diminta istirahat sama orang.

Pemdangan dari puncak bisa keliatan semua kota Banda Neira.. sayangnya kita sampai ke puncak itu sudah siang karena ada perempuan juga yang ikut di situ jadi agak lama.

Agak siang kita balik lagi ke penginapan... sorenya sebenernya diajak lagi ke Nailaka, cuman gw mutusin untuk gk ikut karena gw mau muterin Banda Neira dan pergi ke benteng Belgica, ini kayaknya benteng portugis dulu. Agak serem euy apalagi gw sendiri waktu itu.. Bener bener benteng, ngebayangin pas di atas benteng gw sebagasi serdaddu dan ngebayangin ada meriam dan adu tembak sama kapal yang bisa gw liat langsung ke laut sana.. nice... Sambil miterin benteng itu juga gw nyari tiket kapal, karena pesawat seperti yang gw bilang itu gk pas rutenya sama jadwal pulang.. jadi mau gk mau harus pakai kapal.

Untungnya dapat walau belinya agak jauh dari pelabuhan.. yah gpp, itung2 sambil muterin banda Neira.

Besoknya menuju ke Pelabuhan, yang mana kapalnya segeda gaban dan keliatan juga dari penginapan gw. masuk kapal dan sok-sokan sudah terbiasa walau takut.. gabung sama orang-orang dengan suasana kapal kelas ekonomi.. Lupa deh kayaknya bisa 4 jam deh baru sampai pelabuhan Ambon.

sampai pelabuhan Ambon gw naik ojek nyari penginapan yang gw pesen duluan lewat traveloka. Walau gw mau dianterin sama bapak yang sekeluarga di Banda Neira itu.. tapi karena beda kelas kapal jadi agak lama nunggu ya udah gw cabut duluan.. makasih anyway bapak dan sekeluarga..

Gw nginep sehari di Ambon. Jalan kaki sekitaran Ambon kota musik.. beneran kota musik tempat lahirnya Glen Freddly.. Di taman kota pun jelas ada gitar gede dipajang di sana.. Julukan ini kalau gk salah dapat dari UNESCO.

Keesokan paginya gw balik naik ojek menuju bandara Ambon ke Jakarta.. sekiannn...

Kesannya, Banda Neira bagus banget.. tenang untuk healing...
Kata Sutan Syahrir, "jangan mati sebelum ke Banda Neira"