Monday, April 15, 2024

Survive in Kupang

December 2022,

Akhirnya kali ini setelah berkali-kali melewati Kupang hanya transit aja, gw berkesempatan untuk ngetrip ke Kupang langsung. Mustinya perjalanan lebih mudah karena destinasi kali ini adalah kota yang cukup besar. Tujuannya? apalagi kalau bukan pantai..

Perjalanan kali ini singkat aja, karena destinasinya hanya pantai dan gw sendiri udah cukup lupa pantai-pantai yang dikunjungi karena seperti pantai kebanyakan beda-beda tapi sebenernya itu satu garis pantai aja.

Berangkat dari jakarta langsung menuju Kupang. Perjalanan sekitar 3 jam, gw berangkat dari pagi dan sampai di Kupang sekitar 6 pagi. Sampai Kupang gw nyari ojek, ntah kenapa ojeknya si abang itu diam2 mungkin ojek dilarang di sana makanya dia gk mau ketahuan... Si abang ojek inilah yang nanti di next trip gw call dia lagi untuk nganterin gw sewaktu ke Rote nanti..

Dianterin si abang ke penginapan.. well sebenarnya lebih ke hotel. Saya lupa namanya, tapi deket dengan pinggiran pantai.. Di sepanjang pinggiran itu memang banyak hotel jadi kita bisa jalan-jalan walau cukup jauh ke pusat keramaian juga.

Sampai di hotel gw istirahat sebentar sambil nunggu rental motor yang mau nganterin... gk lama kemudian abang yang rental motor datang nganterin ke hotel.. yah hari itu gw hanya muter di sekitaran hotel aja sampai malamnya.

Besok paginya gw cus ke Pantai Kolbano.. jauh cuii.. tapi pantainya bagus banget. baru kali ini gw liat pantai yang pasirnya itu adalah batu-batu kerikil bulat gitu.. berbeda dengan pantai-pantai sebelumnya yg pernah gw liat. gw cukup lama di sana sambil muterin area pantai deket-deket situ juga.. Rutenya agak jelek juga soalnya jadi agak malas singgah-singgah lagi.

Sore gw udah sampai ke hotel lagi dan istirahat. malamnya gw coba jalan ke sekitaran hotel melihat suasan malam di sana.. Biasa.. area pinggir pantai.. melihat anak muda nongkrong dan nyanyi2..plus di sana banyak fotografer dan model euy... jadi mereka buka jasa foto keliling gitu..

Keesokannya gw lanjut jalan lagi . kali ini tujuannya adalah pantai oetune, pantai yang katanya lebih mirip gurun pasir. Rute menuju sana cukup jelek dan susah *mungkin susah karena gw buta arah dan buta map*. Sampai sana gw liat dan memang benar pantainya lebih mirip gurun pasir.

Di sana juga ketemu sana beberapa anak perempuan. cantik, khas timur.. mereka nawarin jasa foto.. bagusnya sewaktu saya tanya berapa mereka bilang bebas karena diajarin gk boleh maksa nanti orang gk mau datang lagi dan bikin jelek nama pantai mereka.. nice...

Akhirnya selama di pantai itu gw jalan bareng mereka dan sempat foto foto juga... Akhirnya setelah beberapa lama gw cabut dan pamitan sama mereka.

Sorenya gw balik ke hotel lagi dan besoknya gw udah balik lagi ke jakarta. sekiannn.

Sebenernya tidak sesingkat itu, hanya saja gw udah lupa beberapa pantai yang gw datengin. Seperti yang gw bilang sebelumnya, bahwa banyak pantai yang berdekatan juga tapi masih satu garis pantai. Yang disayangkan justru gw kurang explore kota Kupang itu sendiri saat itu..

Kesanku, gw berkesan sama anak-anak perempuan di pantai oetune...cantik, baik ,murah senyum khas orang timur... Siapa tau suatu saat bisa ketemu mereka lagi nanti...