Monday, April 15, 2024

Survive in Rote

February 2024,


Trip pertama di tahun 2024 dan gw mutusin ke pulau Rote, daerah titik nol selatan Indonesia. *ya ada sih niat mau bikin project 4 mata angin, jadi gw akan ngetrip ke 4 titik luar Indonesia*.

Rute kali ini tanpa persiapan lagi. Rutenya yaitu dari jakarta-Kupang ke pulau rote itu sendiri. Sehari sebelum berangkat gw cari tiket dan rutenya. Tiket aman lantas bagaimana cara dari kupang ke Rotenya. Usut punya usut katanya ada pesawat perintis dari Kupang ke Rote, tapi pas kucek di akun IGnya bandara saudeli sana. Saya agak lupa antara jadwalnya gk pas atau harganya yang gk pas. Pesawat reguler ada, tapi harganya mahal sedangkan pesawat perintis hanya seminggu sekali. Akhirnya gw mutusin untuk naik kapal aja yang kapal cepat bisa 2 jam aja.

Gw coba contact abang ojek sewaktu gw ngetrip ke Kupang, syukurnya dia balas dan siap nganterin gw ke pelabuhan dari bandara Kupang sana. Gw berangkat pagi dari jakarta dan sampai di sana jam 6. langsung ketemu sama abangnya dan cus ke pelabuhan karena jam 8 kapalnya udah berangkat dan gw no idea soal tiket kapal dan lainnya karena gw agak jarang naik kapal laut. 

Sekitar 45 menit akhirnya sampai di pelabuhan Kupang(Pelabuan Tenau). Sampai di sana gw cari tiket, sewaktu pesen dengan bahasa yang agak gk ngeh admin counternya bilang "pelabuhan Papela".. padahal tujuan gw pelabuhan Ba'a.. Ada apa ini gerangan????

Sampai akhirnya gw dijelasin sama ibu2 yang pesan di sana, bahwa pelabuhan ba'a sedang renovasi selama beberapa bulan dan semua kapal dialhikan ke pelabuhan papela. Hehmmm... bingung kan...
masalahnya gw pikir sampainya di pelabuhan ba'a yang mana itu semacam pusatnya kota Rote dan jaraknya gk jauh dari penginapan dan destinasi gw lain-lain.. Gw dah mikir macam2, apakah mau stay di sana atau akan cari tumpangan ke Ba'a karena jarak papela dan ba'a itu jauh sekitar 60 KM.

Akhirnya gw mutusin liat nanti aja bagaimana dan naik kapal dulu. Perjalanan pakai kapal feri kecil selama 2 jam. Gk berasa dan gk bisa dinimkati juga. harga tiket vip sekitar 200K. Sampai di sana sewaktu masih duduk di kapal, ada orang yang nawarin taksi.. kutanya berapa 100K dia bilang .. hehmm masak sih??

Akhirnya daripada gk ada gw ikut aja.. rupanya itu semacam mobil lokal yang dijadiin angkutan.. Jadi bisa ngangkut beberapa orang sekaligus bukan hanya 1 penumpang. Untuk harga 100K itu murah nurutku kalau di timur sana. Untuk jarak segitu murah. Abangnya juga mau bantu utk nganterin sampai ke penginapan dan bantu cari rental motor juga. Sekitar 2 jam akhirnya sampai ke penginapan dan abis itu gw istirahat sambil nunggu motor dianter.* yang dianter malah motor baru yang belum ada plat polisinya lagi*..

Hari itu sampai malam gw hanya muter disekitar penginapan dan rupanya memang dekat dengan pelabuhan Ba'a itu...

Keesokan harinya gw jalan pakai motor itu ke beberapa pantai. gw lupa pantai apa aja, seperti Nambarella,,telaga nirwana,Dombo dan apalagi. Rute menuju sana agak kurang petunjuknya dan harus lewat perkampungan.. pantai di sana bagus.... baguslah untuk healing dan merenung... skip part melownyaaa...

Keesokan harinya lagi, inilah trip dengan tujuan utamanya... gw akan ke titik nol selatan Indonesia.

Perjalanan ke sana susah akrena jalannya jelek banget. Ntah karena gw salah rute atau bagaimana yang jelas jalannya jelek dan gk layak untuk kendaraan sebenernya.  Di sana gw juga beberapa kali lewat jalan kampung yang dipageri *sepertinya memang sengaja dipagar supaya orang kalau lewat bayar*.

Akhirnya setelah perjalanan panjang sampai juga di sana.. Sekitar 5 kilo sebelum sampai ke titik nol-nya memang jalannya mulus diaspal..*baca berita sih setahun sebelumnya ada orang pemerintah yang datang, ini berarti rute yang gw tempu itu salah karena gk mungkin sepertinya kalau orang pemerintah yang lewat situ lewat jalan rusak.. sial.. kenapa gw harus selalu ketemu jalan yang rusak terus*..

Sebelum berangkat gw sempat liat IG dan yah agak judes dikit ngeliat ada account IG orang yang sampai di sana dan nangis haru saking bagusnya.. ya elahhhh..

Ternyata sampai di sana.. gw ikut terharu awokwokwowkwowk..

bagus banget dan berasa sentimentil.. ngebayangin bahwa itu perbatasan negara kita.. jauh di ujung sana yang titik terlalu diperhatikan negara. Begitu bagus dan indahnya tapi gk diperhatikan... Terharu rasanya apalagi di sana ada tiang bendera yang seakan menandakan "ini masih wilayah Indonesia".

Yang kusayangkan waktu itu adalah, gw gk bawa bendera gw sendiri. karena sampai di sana tuh benderanya dalam kondisi rusak parah mungkin karena hujan,angin jadi rusak.. kalau gw bawa pasti akan gw ganti dan gw kibarin bendera merah putih di sana. Waktu itu ,detik itu gw jadi orang paling selatan di Indonesia...huaaahhhh.. khereeennnnn... tapi eitsssss... gk jauh du ujung tebing sana gw liat ada nelayan lagi mancing wakakakakakaka...gk jadi deh..

gw samperin abangnya, rupanya lagi mancing.. dan tiba2 tiba ujan terpaksa gw harus neduh di gua pantai sana abis itu baru keliling... itu rasanya pas berasa di pinggir samudra pasific langsung...

Dikarenakan perjalanan yang susah akhirnya gw gk gitu lama di sana dan mutusin balik lagi.. dan yah.. susah payah akhirnya gw bisa keluar lagi dari daerah yang jalannya rusak itu.. Sebenernya jaraknya gk jauh.. hanya 30km aja dari Ba'a tapi jalannya itu loh yang rusak parah...

Sebelum balik ke penginapan gw masih sempet mampir2 ke pantai lagi daerah sepanajng rute gw balik. malamnya sama kayak sebelumnya gw jalan di sekitar penginapan sambil makan seafood di sana... orang-orang di sana ramah dan baik..

Besoknya sekitar jam 7 gw dijemput sama abang yang sebelumnya nganterin gw dari papela. Nganterin gw lagi balik ke Papela.. dengan model fast and furiousnya dia naik mobil kayak orang kesetanan.. hadeeehhhh.. gw masih mau idup oiii...

Akhirnya sampai pelabuhan gw cari tiket dan naik kapal yang sama lagi.
Sebenernya gw berencana balik ke jakarta hari itu juga, cuman karena jadwal kapla dan cuaca yang gk menentu dibandingkan dengan jadwal pesawat terakhir Kupang JKT gw mutusin untuk pesan tiketnya nanti aja deh sewaktu udah sampai Kupang. Eh rupanya jadwalnya pas... dan sebenernya gw masih bisa balik ke jakarta hari itu.. cuman saja tiketnya udah gk ada..

Akhirnya gw nginep sehari di Kupang.. anyway si abang ojek yang sebelumny ayang nganterin gw.,.. dia juga yang jemput gw dari pelabuhan tenau.
Di Kupang gw cobain hotel yang agak mahal... Sotis.. Di situ pengalaman pertama gw akhirnya bisa ke restoran dan nonton live music wakakakakaka... not bad...


Keesokan paginya, si abang nganterin gw ke bandara Kupang lagi dan balik ke Jakarta..sekiannn

kesanku.. mengharukan...itu yang kurasakan di Rote dan iya.. ada secuil perasaan bahwa gw pengen balik ke sana...Negara kita itu indah banget... sungguhhh..



















0 comments:

Post a Comment